7 months ago

Oli motor menjadi salah satu cairan yang penting untuk mesin motor matic yang anda miliki. Karena fungsinya untuk membuat performa mesin anda semakin bagus. Dalam memilih oli matic memang harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai anda tergiur dengan harga oli yang terlalu murah. Pasalnya ini bisa saja adalah bentuk penipuan.

Tak bisa dipungkiri apabila dalam memilih oli matic memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Bayangkan saja jika anda memilih Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia yang tidak sesuai dengan mesin kendaraan anda tentu akan mengakibatkan mesin semakin rusak bukan? Itulah mengapa, agar anda bisa menemukan oli matic yang tepat, anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah.

TIPS MEMILIH OLI MATIC YANG TEPAT

  1. Sesuaikan dengan aktivitas rutin pada motor anda Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah dengan memilih oli yang sesuai dengan aktivitas rutin pada motor anda tersebut. Sebagai contohnya, apabila anda menggunakan motor di perkotaan maka mesin motor sering mempunyai suhu yang tinggi bukan? Hal ini tidak lain karena di perkotaan dengan tingkat kemacetan, maka mesin terkadang akan dibiarkan menyala.

Dalam kondisi seperti inilah, maka proses pendinginan yang terjadi pada motor anda tidak akan bisa berjalan dengan maksimal. Terlebih lagi, mesin pada motor juga masih menggunakan terpaan angina untuk sistem pendinginannya.

Untuk itulah, hal terpenting ketika anda memilih oli motor dengan aktivitas rutin seperti diatas, maka anda bisa memilih oli yang mempunyai kandungan addictive dimana tahan terhadap padnas. Ini berbeda jika anda tidak tinggal di perkotaan, maka anda tidak diwajibkan untuk menggunakan oli anti panas.

  1. Oli telah mempunyai API yang bermutu API atau standar mutu juga menjadi hal yang penting dalam pemilihan oli motor https://hegiracity.com/app/upload/users/3/33/my_files/oli.html. Sebenarnya untuk mengetahui bagaimana mutu dari oli yang anda pilih cukup mudah. Karena biasanya dibelakang kata API, anda akan menemukan huruf.

Sebagai contohnya adalah API SG, API SL, API SJ dan yang lainnya. Semakin huruf mendekati Z maka oli tersebut memang mempunyai kualitas yang terbaik. Sebagai contohnya API SL memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan API SJ. Ini juga berlaku untuk seri yang lainnya.

  1. Cobalah untuk menyesuaikan kekentalan oli dengan anjuran pabrik
    Mempunyai motor matic, memang membuat pemiliknya harus melakukan pemeliharaan yang terbaik. Nah, adapun cara lainnya yang bisa anda gunakan agar bisa menemukan oli terbaik adalah dengan memilih kekentalan oli sesuai dengan anjuran atau saran oleh parik. Biasanya, sebuah produsen motor memang sudah memberikan saran berapakah tingkat kekentalan oli yang tepat.

  2. Menggunakan oli dengan JASO MB
    Sejauh ini, motor matic yang ada di Indonesia menggunakan tipe kopling kering, nah untuk olinya sendiri bisa memanfaatkan standar JASO. Standar JASO ini dibagi menjadi beberapa jenis motor yang beredar. Untuk motor tipe matic sendiri bisa menggunakan oli dengan tipe JASO MB. Penggunaan oli https://mootools.net/forge/profile/biayakuliah yang tidak tepat justru akan membuat mesin memiliki kerusakan.

Oli dengan JASO MB ini juga tidak diperuntukkan untuk motor dengan mesin manual. Soalnya oli matic ini sangat licin sehingga jika digunakan untuk mesin motor manual bisa mengakibatkan slip kopling.

Itulah tips dalam memilih oli matic yang tepat. tentunya dalam mengganti oli motor secara rutin ini juga menjadi salah satu cara untuk merawat mesin motor anda. Tanpa adanya oli dengan kualitas terbaik, maka dijamin mesin akan cepat rusak.

← Tips Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Rak Sepatu